28 November 2013

7 Makanan Pengubah Mood

Apabila kita sedang mengkonsumsi coklat, seakan-akan kita langsung bahagia dan semua stres pun langsung hilang. Sebenarnya hal ini hanya sugesti semata ataukah memang coklat mampu mengubah mood kita? Lalu bagaimanakah dengan makanan-makanan yang lain, bisakah mengubah mood kita? Berikut akan kita bahas beberapa makanan yang dapat mengubah mood menjadi baik, ataupun malah membuat mood menjadi buruk.

1. Coklat
Coklat sering dikenal mengandung stimulan suka cita. Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Psychopharmacology, apabila kita minum minuman cokelat yang kaya polifenol sekali sehari ( setara dengan 1,5 ons coklat ) akan membuat kita merasa lebih tenang. Ternyara kakao yang merupakan cikal bakal coklat mampu meningkatkan serotonin otak. Hal ini juga diperkuat dengan kemampuan serotonin sebagai anti depresi. Untuk para wanita yang mengalami menstruasi biasanya mengalami penurunan serotonin otak, keadaan ini dapat diantisipasi dengan mengkonsumsi coklat sebelum dan saat menstruasi. 

File:Chocolate.jpg
coklat (wikipedia.org)


2. Protein
Selang waktu makan siang dengan makan malam biasanya kita ingin sekali menyantap makanan ringan. Dari pada kita mengkonsumsi permen ataupun makanan yang lain, lebih baik kita mengkonsumsi makanan yang mengandung protein. Misalnya, apel,kacang almon, keju dan wortel. Hal ini disebabkan protein mampu menjaga kadar gula darah agar tetap stabil sehingga kebutuhan energi kita akan tetap terpenuhi. Asupan energi yang cukup akan membuat mood kita menjadi lebih baik.
 File:Blanched almonds.jpg
kacang almon (wikipedia.org)


3. Pisang 
Mengkonsumsi pisang pada saat makan siang ternyata mampu menambah dopamin sebesar 10 miligram ke dalam tubuh kita. Dopamin adalah suatu senyawa kimia yang mampu membuat pikiran dan suasana hati menjadi lebih baik, sensasinya seperti saat kita berendam air panas. 
File:Bananas white background.jpg
 pisang (wikipedia.org)

4.Kopi dan Teh
Ternyata kopi dan teh yang mengandung kafein mampu mengubah suasana hati menjadi lebih baik dan meningkatkan fungsi koknetif tubuh secarakeseluruhan. 

File:Meissen-teacup pinkrose01.jpg
 secangkir teh (wikipedia.org)

5. Omega 3
Omega 3 yang sering kita dapatkan dari minyak ikan salmon, sarden dan berbagai suplemen makanan mengandung DHA. Sebenarnya tuguh kita mampu menghasilkan DHA sendiri tetapi dengan meningkatnya jumlah DHA  dalam tubuh mampu menekan resiko terjadinya depresi. Jadi omega 3 juga turut berperan mengubah mood kita menjadi lebih baik. 

File:Henneguya salminicola in flesh of coho salmon, BC, Canada.JPG 
ikan salmon (wikipedia.org)

6. Gula 
Rasanya kita sangat sulit untuk terlepas dari gula, berbagai makanan yang kita konsumsi sebagian besar mengandung gula. Padahal asupan gula yang berlebihan membuat mood kita menjadi kurang baik,belum lagi resiko terkena diabetes. Untuk mensiasatinya kita bisa mengkonsumsi buah-buahan yang mengandung gula alami dan bahkan memperbaiki mood kita misalnya buah bluebrry ataupun pisang.

File:Sucre blanc cassonade complet rapadura.jpg 
gula (wikipedia.org)

7. Gluten 
Apabila tubuh kita bereaksi kurang baik setelah mengkonsumsi gluten atau bahkan alergi terhadap gluten. Ternyata gluten ini mampu mempengaruhi fungsi otak dan kelenjar adrenal yang menghasilkan hormon kortisol. Hormon kortisol ini berperan dalam terjadinya stres, kekeblan tubuh dan juga sistem saraf.

File:Gluten Sources.png
sumber gluten (tepung terigu) (wikipedia.org)

Sumber: edition.cnn.com
 

1 comment:

  1. Assalamualaikum Salam sejahtera untuk kita semua, Sengaja ingin menulis
    sedikit kesaksian untuk berbagi, barangkali ada teman-teman yang sedang
    kesulitan masalah keuangan, Awal mula saya mengamalkan Pesugihan Tanpa
    Tumbal karena usaha saya bangkrut dan saya menanggung hutang sebesar
    1M saya sters hampir bunuh diri tidak tau harus bagaimana agar bisa
    melunasi hutang saya, saya coba buka-buka internet dan saya bertemu
    dengan KYAI SOLEH PATI, awalnya saya ragu dan tidak percaya tapi selama 3 hari
    saya berpikir, saya akhirnya bergabung dan menghubungi KYAI SOLEH PATI
    kata Pak.kyai pesugihan yang cocok untuk saya adalah pesugihan
    penarikan uang gaib 4Milyar dengan tumbal hewan, Semua petunjuk saya ikuti
    dan hanya 1 hari Astagfirullahallazim, Alhamdulilah akhirnya 4M yang saya
    minta benar benar ada di tangan saya semua hutang saya lunas dan sisanya
    buat modal usaha. sekarang rumah sudah punya dan mobil pun sudah ada.
    Maka dari itu, setiap kali ada teman saya yang mengeluhkan nasibnya, saya
    sering menyarankan untuk menghubungi KYAI SOLEH PATI Di Tlp 0852-2589-0869
    agar di berikan arahan. Supaya tidak langsung datang ke jawa timur,
    saya sendiri dulu hanya berkonsultasi jarak jauh. Alhamdulillah, hasilnya sangat baik,
    jika ingin seperti saya coba hubungi KYAI SOLEH PATI pasti akan di bantu Oleh Beliau

    ReplyDelete