04 May 2013

7 Makanan Penderita Diabetes

Menjaga pola makan adalah salah satu hal yang wajib dilakukan oleh para penderita diabetes. Menjaga makanan yang kita konsumsi sering juga disebut sebagai diet. Lalu, bagaimana diet yang tepat untuk para penderita diabetes? Diet yang paling sering dianjurkan adalah diet tinggi serat, khususnya serat larut, namun rendah lemak (terutama lemak jenuh) dan rendah gula. Jumlah dari total kalori yang diperoleh dari karbohidrat umumnya dalam kisaran 40% sampai 65%. Penderita diabetes dihimbau untuk mengurangi asupan karbohidrat yang memiliki indeks glikemik tinggi (GI).

 
makanan yang baik untuk penderita diabetes

1. Karbohidrat

Sebuah ringkasan artikel dari American Diabetes Association menyatakan bahwa makanan yang mengandung karbohidrat dengan kadar sukrosa yang tinggi dapat diganti dengan makanan yang mengandung karbohidrat dengan kadar sukrosa yang lebih rendah. Apabila tidak bisa menerapkan cara ini maka penderita diabetes harus menambahkan insulin ke dalam tubuhnya atau dengan mengkonsumsi obat penurun kadar glukosa darah. Para penderita diabetes juga tidak dianjurkan untuk mengkonsumsi fruktosa sebagai pemanis. Lebih baik untuk mengkonsumsi makanan yang tinggi serat, sebab tidak memicu kenaikan glikemik secara drastis. Beberapa studi telah menyarankan bahwa menambahkan cuka untuk makanan dapat membantu untuk mencegah karbohidrat menaikkan gula darah terlalu drastis.

2. Diet Rendah Karbohidrat
Beberapa penelitian menunjukkan bahwa diet rendah karbohidrat atau diet rendah indeks glikemik efektif dalam penanganan diabetes tipe 2 karena keduanya mencegah kenaikan indek glikemik setelah makan. Menurut Dr.Richard K Bernstein dari American Diabetes Association asupan karbohidrat yang baik adalah 30 gram perhari, tetapi juga harus diikuti dengan pemantauan glukosa darah, olahraga teratur, bagi yang sudah menderita diabetes juga diperlukan suntikan insulin. Beberapa usaha tersebut dilakukan agar pasien memiliki kadar gula darah yang normal sepanjang waktu.

3. Vegetarian

Berdasarkan beberapa bukti, kejadian diabetes lebih rendah di kalangan vegetarian. Pola makan vegetarian efektif bagi penderita diabetes tipe 2. Hal ini disebabkan diet vegetarian dapat menurunkan hemoglobin A1C dan LDL. Makanan vegetarian yang tinggi serat sangat baik bagi penderita diabetes seperti kacang-kacangan, buah-buahan dan sayuran.

4. Waktu Makan

Bagi penderita diabetes, pola makan yang sehat tidak hanya masalah "apa yang mereka makan", tetapi juga kapan seseorang harus makan. Kapan pasien diabetes harus menyuntikkan insulin? Menurut Sons ken, Fox dan Judd waktu yang tepat untuk menyuntikkan insulin tergantung pada jenis insulin yang digunakan dan yang dibutuhkan. Apakah insulin dengan yang cepat bereaksi terhadap tubuh atau yang lebih lambat. Jika pasien memeriksa glukosa darah mereka setelah bangun tidur rendah (di bawah 6 milimol per Liter atau 108 mg/dL) disarankan sebelum tidur untuk mengkonsumsi karbohidrat yang lama dicerna oleh tubuh, hal ini dilakukan untuk mencegah pasien mengalami hipoglikemia.

5. Produk Khusus Penderita Diabetes

Kita harus berhati-hati dalam memilih produk-produk yang mengklaim khusus untuk penderita diabetes. Karena dikuatirkan produk-produk tersebut malah mengandung kadar lemak yang tinggi ataupun tidak memberikan manfaat sama sekali bagi penderita diabetes meskipun mereka berharga cukup mahal. Beberapa penelitian menunjukkan jamur mitake (glifora fondosa) memiliki efek hipoglikemik yang bermanfaat bagi penderita diabetes. Alasan Maitake menurunkan gula darah. karena jamur alami bertindak sebagai alpha glucosidase inhibitor. Jamur yang lain seperti Lingzhi, Agaricus blazei, Agrocybe cylindracea dan Cordyceps dianggap mampu menurunkan kadar gua darah sampai betas tertentu meskipun mekanismenya belum diketahui.

 
Jamur Maitake


Jamur Lingzhi


Jamur Agaricus blazei


Jamur Cordyceps


6. Alkohol dan Obat-obatan

Alkohol dapat menghambat glykogenesis di dalam hati dan beberapa obat dapat menghambat rasa lapar. Beberapa obat dapat memberikan efek hipogikemia, yang juga mempengaruhi memori dan konsentrasi penderita diabetes. Penderita diabetes yang telah menggunakan insulin disarankan untuk tidak mengkonsumsi alkohol pada saat perut dalam keadaan kosong. Hal ini bisa disiasati dengan mengkonsumsi makanan yang mengandung karbohidrat secukupnya.

7. Diet yang Spesifik


Diet yang baik adalah dengan mengkonsumsi buah-buahan, sayuran, biji-bijian, makanan yang tinggi serat serta diikuti dengan olah raga yang cukup. Untuk menurunkan indeks glikemik hindarilah makanan yang tinggi karbohidrat misalnya nasi putih dan roti putih, lebih baik diganti dengan roti gandum dan kacang-kacangan, karena kacang-kacangan diubah menjadi glukosa darah dalam waktu yang lama.

Mengkonsumsi makanan berlemak seperti kacang-kacangan, biji-bijian, daging, ikan, minyak, telur, alpukat, zaitun, dan sayur-sayuran dapat membantu menormalkan gula darah. Lemak akan menjadi sumber kalori utama bagi tubuh, dan komplikasi akibat resistensi insulin bisa diperkecil. Makanan tinggi serat terbukti mampu mengontrol kadar gula darah dengan khasiat yang sama seperti obat oral diabetes.


Sumber: wiki. org







1 comment:

  1. Assalamualaikum Salam sejahtera untuk kita semua, Sengaja ingin menulis
    sedikit kesaksian untuk berbagi, barangkali ada teman-teman yang sedang
    kesulitan masalah keuangan, Awal mula saya mengamalkan Pesugihan Tanpa
    Tumbal karena usaha saya bangkrut dan saya menanggung hutang sebesar
    1M saya sters hampir bunuh diri tidak tau harus bagaimana agar bisa
    melunasi hutang saya, saya coba buka-buka internet dan saya bertemu
    dengan KYAI SOLEH PATI, awalnya saya ragu dan tidak percaya tapi selama 3 hari
    saya berpikir, saya akhirnya bergabung dan menghubungi KYAI SOLEH PATI
    kata Pak.kyai pesugihan yang cocok untuk saya adalah pesugihan
    penarikan uang gaib 4Milyar dengan tumbal hewan, Semua petunjuk saya ikuti
    dan hanya 1 hari Astagfirullahallazim, Alhamdulilah akhirnya 4M yang saya
    minta benar benar ada di tangan saya semua hutang saya lunas dan sisanya
    buat modal usaha. sekarang rumah sudah punya dan mobil pun sudah ada.
    Maka dari itu, setiap kali ada teman saya yang mengeluhkan nasibnya, saya
    sering menyarankan untuk menghubungi KYAI SOLEH PATI Di Tlp 0852-2589-0869
    agar di berikan arahan. Supaya tidak langsung datang ke jawa timur,
    saya sendiri dulu hanya berkonsultasi jarak jauh. Alhamdulillah, hasilnya sangat baik,
    jika ingin seperti saya coba hubungi KYAI SOLEH PATI pasti akan di bantu Oleh Beliau

    ReplyDelete