13 April 2013

7 Hewan Punah Indonesia


Indonesia dikaruniai dengan berbagai macam kekayaan, mineral, sumber daya, budaya, dan sebagainya, termasuk salah satunya adalah kekayaan akan keanekaragaman hayatinya...flora dan fauna...namun kekayaan tersebut, karena ulah orang-orang tidak bertanggung jawab, telah berada diambang kepunahan, malah terdapat beberapa hewan di negeri ini yang telah punah...Apa saja hewan asli Indonesia yang telah punah..ni dia, cekidot...

1. Harimau Bali

Harimau Bali (Panthera tigris balica), atau disebut sebagai samong dalam bahasa kuno Bali, adalah subspesies harimau yang ditemukan hanya pada pulau kecil Indonesia yaitu Bali. Hewan ini adalah salah satu dari tiga subspesies harimau yang ditemukan di Indonesia, bersama dengan Harimau Jawa, yang juga punah, dan harimau Sumatra yang terancam punah.

Dalam budaya Bali, harimau memiliki tempat istimewa dalam cerita rakyat dan kesenian tradisional bali, hal tersebut tercermin dalam lukisan Kamasan Kerajaan Klungkung. Namun, mereka dianggap sebagai kekuatan destruktif dan upaya pemusnahan didorong sampai kepunahan.

File:BaronOscarVojnich3Nov1911Ti.jpg

2. Bos Palaesondaicus

Bos palaesondaicus ditemukan pada jaman Pleistosen Jawa (Indonesia) dan merupakan anggota subfamili Bovinae. Holotype dari Bos palaesondaicus adalah tengkorak dari Trinil. Spesies ini adalah kemungkinan nenek moyang banteng (Bos javanicus).

File:Bibos palaesondaicus-Naturalis-PeterMaas.JPG 

3. Tikus Gua Flores

Tikus Gua Flores (Spelaeomys florensis) ditemukan di Pulau Flores, Indonesia. MacPhee dan Flemming menilai spesies ini telah punah pada tahun 1996. Spesimen ini hanya diketahui dari beberapa fragmen subfossil. Hewan ini adalah satu-satunya anggota dari genus Spelaeomys.

Gambar tikus ini belum ada yang berhasil memotret.

4. Harimau Jawa

Harimau Jawa (Panthera tigris sondaica) adalah subspesies harimau punah yang mendiami pulau Jawa, Indonesia sampai pertengahan 1970-an. Harimau ini merupakan salah satu dari tiga subspesies harimau di Indonesia.

Sampai pertengahan 1960-an, harimau hidup di tiga kawasan lindung, yang telah didirikan selama tahun 1920-1930-an: Ujung Kulon, Leuwen Sancang dan Baluran. Namun setelah periode perang, tidak ada harimau yang terlihat di sana. Pada tahun 1971, seekor harimau ditembak di sebuah perkebunan dekat Gunung Betiri di sebelah tenggara Jawa. Sejak itu, tidak ditemukan lagi harimau jawa yang berkeliaran.

File:Panthera tigris sondaica 01.jpg

5. Leptoptilos Robustus

Leptoptilos robustus adalah spesies bangau yang telah punah dari pulau Flores di Indonesia. Hewan ini tingginya 1,8 meter (5,9 kaki) dan beratnya diperkirakan 16 kilogram (35 pon). Karena tulang di kaki dan tubuh yang sangat berat, diasumsikan bahwa burung ini jarang atau bahkan tidak pernah terbang.

6. Tikus Pohon Raksasa Verhoeven

Tikus Pohon Raksasa Verhoeven (Papagomys theodorverhoeveni) merupakan tikus punah subfamili Murinae yang hidup di Flores Indonesia. Hewan ini dinilai punah pada tahun 1996. Namun, para ahli percaya bahwa kepunahan terjadi sebelum tahun 1500 Masehi. Spesies ini hanya dikenal dari beberapa fragmen subfossil.

7. Kerbau Air

Hewan ini hewan asli Asia Tenggara. Di Indonesia sendiri hewan ini sudah tidak ditemukan, namun hewan ini masih dapat ditemui di India dengan jumlah yang relatif kecil

File:Flickr - Rainbirder - Bull Water Buffalo.jpg 


Sumber : wikipedia.org

1 comment:

  1. Assalamualaikum Salam sejahtera untuk kita semua, Sengaja ingin menulis
    sedikit kesaksian untuk berbagi, barangkali ada teman-teman yang sedang
    kesulitan masalah keuangan, Awal mula saya mengamalkan Pesugihan Tanpa
    Tumbal karena usaha saya bangkrut dan saya menanggung hutang sebesar
    1M saya sters hampir bunuh diri tidak tau harus bagaimana agar bisa
    melunasi hutang saya, saya coba buka-buka internet dan saya bertemu
    dengan KYAI SOLEH PATI, awalnya saya ragu dan tidak percaya tapi selama 3 hari
    saya berpikir, saya akhirnya bergabung dan menghubungi KYAI SOLEH PATI
    kata Pak.kyai pesugihan yang cocok untuk saya adalah pesugihan
    penarikan uang gaib 4Milyar dengan tumbal hewan, Semua petunjuk saya ikuti
    dan hanya 1 hari Astagfirullahallazim, Alhamdulilah akhirnya 4M yang saya
    minta benar benar ada di tangan saya semua hutang saya lunas dan sisanya
    buat modal usaha. sekarang rumah sudah punya dan mobil pun sudah ada.
    Maka dari itu, setiap kali ada teman saya yang mengeluhkan nasibnya, saya
    sering menyarankan untuk menghubungi KYAI SOLEH PATI Di Tlp 0852-2589-0869
    agar di berikan arahan. Supaya tidak langsung datang ke jawa timur,
    saya sendiri dulu hanya berkonsultasi jarak jauh. Alhamdulillah, hasilnya sangat baik,
    jika ingin seperti saya coba hubungi KYAI SOLEH PATI pasti akan di bantu Oleh Beliau

    ReplyDelete