29 April 2013

7 Manfaat Wortel Bagi Kesehatan

Siapa yang tidak mengenal wortel? Wortel berasal dari bahasa Yunani karoton yang berari umbi akar yang berbentuk seperti tanduk. Sayuran yang satu ini berasal dari Eropa dan Asia barat daya. Karena rasanya yang cukup enak dan manfaatnya yang cukup banyak, banyak orang yang mengkonsumsi wortel. Berdasarkan data FAO di tahun 2011 hampir 35.658.000 ton wortel dihasilkan di seluruh dunia, dan setengahnya ditanam di Cina.


Wortel

Wortel sangat terkenal mengandung vitamin A yang baik untuk kesehatan mata. Padahal masih banyak lagi kandungan wortel yang baik bagi tubuh kita, antara lain:

1. β-karoten

Wortel memiliki warna oranye cerah berasal dari β-karoten, setaip 100 gram wortel mengandung β-karoten sebesar 8285 nano gram atau sekitar 77%. Di dalam tubuh manusia β-karoten sebagian besar dimetabolisme menjadi vitamin A.Wortel kaya antioksidan dan mineral Ethnomedically, bagian dari umbi akar yang digunakan sebagai emmenagogue (untuk meningkatkan aliran darah di daerah panggul dan rahim), karminatif (mengurangi gas dalam perut), untuk mengobati masalah pencernaan, parasit usus, dan tonsilitis atau sembelit.


Stuktur β-karoten

2. α-karoten

Pada orang dewasa AS dan orang dewasa Cina konsentrasi rata-rata serum α-karoten adalah 4.71 mg / dL, yaitu 4,22 mg / dL pada pria dan 5,31 mg / dL pada wanita. Seperti halnya β-karoten, α-karoten juga sebagian besar dimetabolisme menjadi vitamin A. Pada suatu penelian disebutkan bahwa mengkonsumsi α-karoten mampu merunkan resiko kematian secara signifikan.


Struktur α-karoten

3. γ-Karoten

γ-Karoten adalah karotenoid yang merupakan isomer dari karoten. Karotenoid memiliki kemampuan sebagai antioksidan untuk mencgah terjadinya oksidasi di dalam tubuh, sehingga mampu meningkatkan kekebalan tubuh. Manusia tidak mampu menghasilkan karotenoid sendiri sehingga harus diperoleh dari makanan yang mereka konsumsi. Selain itu, karotenoid juga mampu melindungi retina mata kita, terutama dari cahaya biru.


Struktur γ-Karoten

4. Protein

Protein adalah nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh manusia untuk pertumbuhan dan pemeliharaan. Selain air, protein adalah jenis yang paling melimpah dari molekul dalam tubuh. Protein dapat ditemukan di semua sel tubuh dan merupakan komponen struktural utama dari semua sel dalam tubuh. Protein juga digunakan dalam membran, seperti glikoprotein. Ketika dipecah menjadi asam amino, mereka digunakan sebagai prekursor untuk asam nukleat, co-enzim, hormon, respon imun, perbaikan sel dan molekul penting bagi kehidupan. Protein juga diperlukan untuk membentuk sel darah, membangun jaringan, serta memperbaiki jaringan yang rusak. Protein biasanya hanya memberikan sumber kecil bahan bakar untuk kegiatan sehari-hari, tetapi protein mampu menjadi bahan bakar utama bagi tubuh saat karbohidrat dan lemak tubuh dalam kondisi yang rendah.


Asam amino pembentuk protein

5. Serat

Komponen terbesar dalam serat adalah selulosa, selain itu juga tersusun atas hemiselulosa dan lignin. Serat adalah salah satu komponen dalam makanan yang sangat diperlukan oleh tubuh, antara lain untuk memenuhi kebutuhan nutrisi, pengobatan gangguan pencernaan, menurunkan kadar kolesterol, mengurangi resiko kanker usus dan menurunkan berat badan.

6. Lemak

Vitamin A, merupakan salah satu vitamin yang larut dalam lemak, yang berarti mereka hanya dapat dicerna, diserap, dan diangkut oleh lemak. Lemak juga merupakan sumber asam lemak esensial. Lemak memainkan peran penting dalam menjaga kesehatan kulit dan rambut, melindungi organ tubuh terhadap shock, menjaga suhu tubuh, dan meningkatkan fungsi sel yang sehat.
Lemak juga berfungsi sebagai menyimpan energi bagi tubuh, mengandung sekitar 37,8 kilojoule (9 kalori) per gram lemak. Mereka dipecah dalam tubuh untuk melepaskan gliserol dan asam lemak bebas.. Gliserol dapat dikonversi menjadi glukosa oleh hati dan dengan demikian digunakan sebagai sumber energi.

7. Lutein

Lutei banyak ditemukan di dalam makula (bagian dari retina yang bertanggung jawab atas penglihatan sentral). Lutein mampu menjaga mata dari stres oksidatif dan foton yang berasal dari cahaya biru. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan langsung antara asupan lutein dengan pigmentasi pada mata. Peningkatan pigmentasi mata dapat menurunkan resiko penyakit mata, terutama yang disebabkan karena pertambahan usia.




Sumber: wiki.org

2 comments:

  1. Assalamualaikum Salam sejahtera untuk kita semua, Sengaja ingin menulis
    sedikit kesaksian untuk berbagi, barangkali ada teman-teman yang sedang
    kesulitan masalah keuangan, Awal mula saya mengamalkan Pesugihan Tanpa
    Tumbal karena usaha saya bangkrut dan saya menanggung hutang sebesar
    1M saya sters hampir bunuh diri tidak tau harus bagaimana agar bisa
    melunasi hutang saya, saya coba buka-buka internet dan saya bertemu
    dengan KYAI SOLEH PATI, awalnya saya ragu dan tidak percaya tapi selama 3 hari
    saya berpikir, saya akhirnya bergabung dan menghubungi KYAI SOLEH PATI
    kata Pak.kyai pesugihan yang cocok untuk saya adalah pesugihan
    penarikan uang gaib 4Milyar dengan tumbal hewan, Semua petunjuk saya ikuti
    dan hanya 1 hari Astagfirullahallazim, Alhamdulilah akhirnya 4M yang saya
    minta benar benar ada di tangan saya semua hutang saya lunas dan sisanya
    buat modal usaha. sekarang rumah sudah punya dan mobil pun sudah ada.
    Maka dari itu, setiap kali ada teman saya yang mengeluhkan nasibnya, saya
    sering menyarankan untuk menghubungi KYAI SOLEH PATI Di Tlp 0852-2589-0869
    agar di berikan arahan. Supaya tidak langsung datang ke jawa timur,
    saya sendiri dulu hanya berkonsultasi jarak jauh. Alhamdulillah, hasilnya sangat baik,
    jika ingin seperti saya coba hubungi KYAI SOLEH PATI pasti akan di bantu Oleh Beliau

    ReplyDelete
  2. Wynn Resorts Ltd. announces launch of mobile and retail
    Wynn Resorts Ltd. (NASDAQ:WYNN) 시흥 출장샵 will launch mobile and retail solutions 구리 출장안마 for 전라북도 출장샵 in the US, Wynn 과천 출장마사지 Resorts (NYSE:WYNN) and Wynn Interactive 세종특별자치 출장마사지

    ReplyDelete